Posted by : Unknown Selasa, 10 Maret 2015

Nama/NIM : I Gusti Agung Ayu Laksmidewi Putri/1404505054
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT





Membuat Program Menampilkan Kata pada Java


Pertama-tama, jika Anda menggunakan Windows 7 Anda harus memiliki installer JDK (Java Development Kit) dan NetBeans (sebuah IDE untuk Compiler Java). Kemudian setelah Anda memiliki 2 aplikasi ini, Anda dapat memulai kodingnya.

Langkah-Langkah Pembuatan Program

Pertama-tama bukalah NetBeans pada desktop atau start menu. Kemudian buka menu File lalu klik New Project atau Anda bisa menekan Ctrl+Shift+N untuk shortcut


Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Pilih kategori Java dan Java Apllication kemudian tekan Next.


Untuk nama Project boleh menggunakan nama bebas, begitu juga dengan Main class nya. Namun di sini saya akan menggunakan nama class "Hello_World". Setelah selesai memberi nama, klik Finish.


 
Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Tempat menulis kode berada tepat yang ditunjukkan oleh arah panah.

Setelah itu, cobalah mengetik sintaks di bawah ini.
Sintaks di atas merupakan sintaks untuk fungsi output pada Java. Di dalam tanda (), tanda "" digunakan untuk mendeklarasikan string seperti "Hello World!". Kemudian cobalah compile program Anda dengan menekan Run pada menu bar lalu klik Compile File atau tekan F9 untuk shortcut. Setelah itu cobalah menjalankan program dengan menekan Run pada menu file kemudian klik Run File atau tekan Shift+F6 untuk shortcut. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini.
Anda dapat mengganti kalimat "Hello World!" ataupun "This is My First Program in Java" dengan kata-kata lain, dan jika mau Anda dapat menambahkan banyak kata lainnya. Sekian dan selamat mencoba~

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Malier's - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -