Posted by : Unknown Selasa, 17 Maret 2015

Nama/NIM : I Gusti Agung Ayu Laksmidewi Putri/1404505054
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek (B)
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST MT

Membuat Kelas Pewarisan Hewan pada Java


Pendahuluan

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar mengaplikasikan kelas pada Java. Kita akan mengambil hewan sebagai topik.

Langkah-Langkah Pembuatan Program

Pertama-tama bukalah Netbeans Anda dan buatlah project baru.

 Kemudian gunakan kategori Java dan Java application seperti biasanya.

Buatlah nama untuk project dan Class Anda.

Kemudian buatlah 2 kelas induk utama yaitu "Mamalia" dan "Reptil". Koding di bawah ini untuk kelas "Mamalia".
class Mamalia {
 int ID;
 String Nama;
 String Keterangan;

 //konstructor
 public Mamalia (int id, String nama, String keterangan) {
  ID = id;
  Nama = nama;
  Keterangan = keterangan; 
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " +ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
 }
}




Lalu koding berikut untuk kelas "Reptil".
class Reptil {
 int ID;
 String Nama;
 String Keterangan;

 //konstructor
 public Reptil (int id, String nama, String keterangan) {
  ID = id;
  Nama = nama;
  Keterangan = keterangan; 
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " +ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
 }
}



Pada program di atas, kita harus mendeklarasikan ID, Nama, dan Keterangan. Kemudian membuat Konstruktor dan Methode.

Setelah membuat Superclass atau kelas Induk, selanjutnya kita akan membuat kelas Anak atau Subclas. Kelas Mamalia memiliki Anak Kelas yaitu Sapi, Kucing, dan Anjing dimana Anjing juga memiliki Anak Kelas yang terdiri dari Alaskan Malamute, Akita, dan Beagle. Sedangkan Kelas Reptil memiliki Anak Kelas yaitu Buaya, Cicak, dan Ular dimana Ular juga memiliki Anak Kelas yaitu Kobra dan Python. Berikut adalah skrip masing-masing kelas.

1. Kelas Sapi
 //kelas Sapi
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Sapi extends Mamalia {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Sapi (int mid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (mid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 

}

2. Kelas Kucing
//kelas Kucing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Kucing extends Mamalia {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Kucing (int mid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (mid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

3. Kelas Anjing
//kelas Anjing
//Turunan dari kelas Mamalia, menggunakan "extends" dan "super"
class Anjing extends Mamalia {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Anjing (int mid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (mid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

4. Kelas Alaskan Malamute
//kelas AlaskanMalamute
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class AlaskanMalamute extends Anjing {

 //konstructor
 public AlaskanMalamute (int aid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (aid, nama, keterangan, jenis);
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}
 
 

5. Kelas Akita
//kelas Akita
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Akita extends Anjing {

 //konstructor
 public Akita (int aid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (aid, nama, keterangan, jenis);
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

6. Kelas Beagle
//kelas Beagle
//Turunan dari kelas Anjing, menggunakan "extends" dan "super"
class Beagle extends Anjing {

 //konstructor
 public Beagle (int aid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (aid, nama, keterangan, jenis);
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

7. Kelas Reptil
class Reptil {
 int ID;
 String Nama;
 String Keterangan;

 //konstructor
 public Reptil (int id, String nama, String keterangan) {
  ID = id;
  Nama = nama;
  Keterangan = keterangan; 
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " +ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
 }
}

8. Kelas Buaya
//kelas Buaya
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Buaya extends Reptil {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Buaya (int rid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (rid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

9. Kelas Cicak
//kelas Cicak
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Cicak extends Reptil {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Cicak (int rid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (rid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

10. Kelas Ular
//kelas Ular
//Turunan dari kelas Reptil, menggunakan "extends" dan "super"
class Ular extends Reptil {
 String Jenis;

 //konstructor
 public Ular (int rid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (rid, nama, keterangan);
  Jenis = jenis;
 }
//methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

11. Kelas Kobra
  //kelas Kobra
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Kobra extends Ular {

 //konstructor
 public Kobra (int uid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (uid, nama, keterangan, jenis);
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

12. Kelas Python
//kelas Python
//Turunan dari kelas Ular, menggunakan "extends" dan "super"
class Python extends Ular {

 //konstructor
 public Python (int uid, String nama, String keterangan, String jenis) {
  super (uid, nama, keterangan, jenis);
 }

 //methode
 public void Rincian() {
  System.out.println("ID = " + ID);
  System.out.println("Nama Hewan = " + Nama);
  System.out.println("Keterangan = " + Keterangan);
  System.out.println("Jenis = " + Jenis);
 } 
}

Berikut adalah contoh tampilan Kelas pada Netbeans.   



        Class Kucing extends Mamalia  berarti kelas Kucing tersebut merupakan kelas turunan dari kelas Mamalia.
Langkah selanjutnya yaitu membuat instansiasi kelas dan pemanggilan konstruktor pada kelas utama atau main class. Berikut skripnya.
//MAIN CLASS
public class JenisBinatang {
    public static void main(String[] args) {
       //instansiasi kelas
 //menggunakan "new"
  System.out.println("Berikut merupakan jenis-jenis hewan :");
  System.out.println("");
  Mamalia mamalia = new Mamalia(001, "Mamalia", "Merupakan Hewan menyusui");
  Sapi sapi = new Sapi(011, "Sapi", "Contoh hewan mamalia", "Pemakan Rumput");
  Kucing kucing = new Kucing(021, "Kucing", "Contoh hewan mamalia", "Pemakan Daging");
  Anjing anjing = new Anjing(031, "Anjing", "Contoh hewan mamalia", "Pemakan Daging");
  AlaskanMalamute alaskanmalamute = new AlaskanMalamute(131, "Anjing Alaskan Malamute", "Salah satu jenis anjing", "Pemakan Daging");
  Akita akita = new Akita(231, "Anjing Akita", "Salah satu jenis anjing", "Pemakan Daging");
  Beagle beagle = new Beagle(331, "Anjing Beagle", "Salah satu jenis anjing", "Pemakan Daging");
  Reptil reptil = new Reptil(002, "Reptil", "Merupakan Hewan berdarah dingin");
  Buaya buaya = new Buaya(012, "Buaya", "Contoh hewan reptil", "Pemakan Daging");
  Cicak cicak = new Cicak(022, "Cicak", "Contoh hewan reptil", "Pemakan Daging");
  Ular ular = new Ular(032, "Ular", "Contoh hewan reptil", "Pemakan Daging");
  Kobra kobra = new Kobra(132, "Ular Kobra", "Salah satu jenis ular", "Karnivora");
  Python python = new Python(232, "Ular Python", "Salah satu jenis ular", "Karnivora");
 
 //Pemanggilan konstruktor masing - masing
  mamalia.Rincian();
  System.out.println("");
  sapi.Rincian();
  System.out.println("");
  kucing.Rincian();
  System.out.println("");
  anjing.Rincian();
  System.out.println("");
  alaskanmalamute.Rincian();
  System.out.println("");
  akita.Rincian();
  System.out.println("");
  beagle.Rincian();
  System.out.println("");
  reptil.Rincian();
  System.out.println("");
  buaya.Rincian();
  System.out.println("");
  cicak.Rincian();
  System.out.println("");
  ular.Rincian();
  System.out.println("");
  kobra.Rincian();
  System.out.println("");
  python.Rincian();
  System.out.println("");
    }
   
}

Cobalah compile dan run program Anda. Hasilnya akan tampak seperti di bawah ini.

Sekian. Selamat mencoba~

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © Malier's - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -